apakah kerajinan itu


Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya  manusia. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu.

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :
1. Kerajinan bahan alam ;
merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bahan-bahan alam seperti : serat alam ,bambu,rotan .
2. Kerajinan bahan buatan ;
 merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastik,gips,sabun,lilin,dan lain lain.

Hasil kerajinan yang memiliki nilai arti lebih bisa disebut benda seni ,sebaliknya barang yang di buat untuk sekedar dipakai sesuai kebutuhan hidup tidak bisa disebut hasil karya seni.

Seseorang bisa dengan mudah membedakan mana barang seni dan mana yang bukan,tatkala seseorang tersebut merasakan bahwa benda yang di hadapannya adalah unik maupun sulit untuk membuatnya pada masa dimana belum ada alat yang mampu mempermudah dalam pengerjaannya,sebagai contoh patung kuno yang masih bertahan hingga sekarang,maka kita akan bertanya bagaimana orang jaman dahulu membuatnya,teknik apa yang di buatnya.

Dan pandangan kita sebagai orang masa sekarang bisa menilai bahwa patung tersebut merupakan barang seni bernilai tinggi.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa barang seni adalah benda yang kelihatan unik dalam pembuatan dalam tingkat kerumitan,keindahan serta ketelatenan pada proses pembuatannya serta menilai tingkat kreatifitas pembuatnya.

Image

Beauty

Copyright © 2016 Free Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates . All rights reserved.