seni kerajinan clay

sumber gambar,kompas.com

mundur dua tahunan kebelakang sedang ramai mengolah tepung bukan untuk dimakan,tapi untuk dijadikan sebuah kerajinan bernilai seni tinggi.Tepung adalah tepung, lumrahnya dipakai untuk membuat adonan makanan. Tapi tahukah anda, tepung juga bisa diolah menjadi salah satu barang kerajinan yang menarik dan bernilai ekonomi tinggi, tepung bisa disulap menjadi aneka model patung, gantungan kunci, hiasan kulkas dan aneka souvenir menarik lainnya.

Adonan clay tepung berwarna putih ini wujudnya lunak. Sehingga, tekstur yang kenyal atau liat ini mudah dibentuk. Untuk itu, pembentukan kreasi ini tidak memerlukan cetakan, cukup dibentuk menggunakan tangan saja (handmade).

Dengan adonan clay ini, dapat membuat aneka kreasi sesuai dengan imajinasi atau keinginan sesukanya.  Sedangkan untuk pewarnaannya, bisa menggunakan pewarna makanan, cat air, cat poster maupun cat acrylic.Khusus untuk pemakaian cat air akan terasa boros,karena apabila  percampuran airnya kelebihan maka warnanya kurang cerah dan samar.


Bahan clay tepung ini adalah bahan yang murah dan mudah didapat di pasaran dan dalam mengolah clay tepung ini juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal atau impor, cukup memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah.
Sebagai contoh untuk membentuk mulut,hanya membutuhkan alat bantu dari sedotan yang ujungnya dipotong setengah lingkaran . Tusuk gigi untuk membuat lubang-lubang. Pisau untuk membuat sayatan dan pipa paralon atau gelas untuk menggilas.

Resep dasar pembuatan clay tepung adalah:

Bahan:
25gr tapioka
20gr maizena
20gr tepung beras
50gr lem kayu
1sdt benzoat (pengawet makanan)
jumlah takaran yang tertera diatas tidaklah harus paten segitu,bisa di kurangi ataupun ditambah sedikit sampai sesuai dengan tekstur yang diinginkan untuk menjadikan hasil terbaik.

Untuk sementara ini,para perajin dari tepung ini lebih cenderung memasarkan via internet,meskipun tidak menutup kemungkinan bisa menitipkan ke toko kado atau souvenir disertai menyantumkan brosur pemesanan.
Kita bisa melihat berapa harga dari segenggam tepung yang sudah jadi ini secara online,kitapun akan tercengang di buatnya.

 

Image

Beauty

Copyright © 2016 Free Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates . All rights reserved.