pernik dari bahan MDF

SELAMAT DATANG DI SAUNG BERBAGI ILMU

OLEH AGUNGWEA@YAHOO.COM

GO!!!!!



ada baiknya sebelum membahas ini,kita terlebih dahulu mengenal apa itu bahan MDF,,singkatan dari MEDIUM DENSITY FIBREBOARD.yang merupakan campuran dari serbuk kayu yang telah diproses oleh pabrik dengan mesin khusushttp://www.wbpequipment.my/1-1-continuous-flat-mdf.html,
sehingga hasil akhir nya bertekstur menyerupai triplek.hasil dari bahan ini lebih banyak diserap oleh industri mebel seperti pembuatan almari pakaian ,rak sepatu,meja belajar ,dll.

Tentu saja disamping keunggulannya yang harganya relatif murah serta permukaannya sudah halus tanpa harus kita gosok maupun melapisi dengan dempul,pasti ada pula kekurangannya,antara lain,jika bahan ini tidak difinishing dengan benar(di cat/melapiskan semacam cairan melamin)maka akan mudah berjamur yang disebabkan suhu lembab maupun terpercik air,maka bisa dipastikan tidak bertahan lama.

dalam postingan kali ini yang akan saya jelaskan bukanlah pembuatan kerajinan yang menghabiskan dana besar,ini adalah semacam assesories kecil yang tentu saja hanya memanfaatkan limbahnya maupun beli sedikit di toko bahan bangunan yang menyediakan bahan MDF,.Teknik yang diperlukan hanyalah tekhnik dasr yang simpel dan tidak rumit.mungkin ini juga berguna untuk ketrampilan putra putri kita untuk meningkatkan kreatifitas.

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah;
1.potongan bahan MDF dengan ketebalan 3mm/5mm.
2.pensil untuk menggambar
3.gergaji tangan/mesin
4.lem kayu
5.kalsium(berupa tepung yang bisa beli di toko bahan bangunan,terkadang untuk campuran semen    
 putih digunakan untuk keperluan ngecat/plamir)perkilonya rp 1000
6.pewarna(terserah apa saja)selama ini saya pakai merk astro dan merk aga
7.gliter
8.plastik(dibikin kerucut)






9.kertas gosok /amplas
10.saringan teh
11.bor
12.ring/gantungan kunci

langkah berikutnya ,;
gambar bahan MDF tersebut menggunakan pensil,cari motif apa saja  yang kita suka misalkan boneka,bintang,love,ikan,gitar,,,setelah itu kita potong pinggirnya menggunakan gergaji sehingga nanti ketika selesai memotong,hasilnya akan nampak bentuk seperti yang kita inginkan.
rapikan bekas potongan gergaji tadi/sisi pinggir tsb

campur lem kayu dan kalsium(perbandingan sementara 1:1)ditambah air secukupnya,nanti kita sebut saja cat,jika dipakai untuk menggambar atau menulis akan nampak timbul jadi bisa dikatakan juga cat timbul.
untuk menyempurnakan cat ini,akan lebih baik jika disaring menggunakan saringan teh,supaya ke enceran cat merata dan tidak lagi tercampur dengan butiran pasir/debu.
cara mencoba hasilnya,kita ambil sedikit,,masukkan pada plastik yang sudah dikerucutkan tadi seperti mau buat dekorasi kue tart,,,,,coba tulis coretan huruf/angka,,,lalu jemur sebentar biar cepat kering.bila hasil tulisan nampak sangat timbul,kita akan senang karna nampak bagus..,,coba dikorek korek pakai kuku,,"mudah terkelupas nggak?'
jika tetep kokoh ke bahan MDFnya berarti hasilnya oke,tetapi jika mudah rontok,,,berarti lem kayunya kurang komposisinya,.

cat timbul tadi bisa kita bagi menjadi beberapa bagian dan masing masing bagian kita campur warna berbeda layaknya cat air/pensil warna pada umumnya bermacam macam warna.
masukkan kedalam plastik kerucut ,,,,,,beri lubang kecil pada ujung plastik sebagai tempat keluarnya cat,,,,dan ingat,besar/kecil lubang akan berpengaruh pada coretan tulisan nanti.

selanjutnya coba ambil bahan MDF yang telah digergaji tadi,lukis(misalkan bentuk boneka)dikasih garis tepinya pakai warna hitam,lalu gambar mata,bibir,dasi,saku,,masing masing warna berbeda pula,,,,,wauuuuuw so pasti akan menarik n lucu,kalau suka kita kasih nama kita aja sekalian.

dalam keadaan masih basah ,karena baru di gambar,segera kita taburkan serbuk gliter sehingga hasilnya akan semakin bagus karna berkerlap kerlip.
tunggu sampai kering benar.

bor bagian trrtentu sebagai tempat penasangan ring/gantungan kunci.

terakhir tinggal dipakai di tas atau di pintu

CATATAN;
     MESKIPUN SEDERHANA KALAU KITA TEKUNI AKAN MENDATANGKAN REJEKI JUGA
     SEMOGA BERMANFAAT DAN SELAMAT BERKREASI,



Image

Beauty

Copyright © 2016 Free Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates . All rights reserved.