peluang bisnis souvenir


jangan pernah berhenti berharap,dan jangan pernah berhenti berkarya sebelum engkau merasa tua,hehehe,  puitis ya(tentu saja harus banyak berdoa)
apa yang saya posting disini adalah hasil karya di rumah.

"baca dari sini sampe terakhir lebih dahulu"

cepat dan segera persiapkan bahan2 ini;
1 satu kg tepung rokat
2 boneka kecil(gambar terlampir)
3 silikon
4 baskom/ember
5 benang woll
6 gunting
7 sabun hijau

awal cerita,,,,,

pernahkah anda melihat pigura serta boneka beraneka warna yang biasanya terpajang manis di toko assesories?tp tahukah bahwa benda tersebut dibuat dengan cara yang mudah dan biaya murah,,?
perinciannya dengan asumsi sebagai berikut,jika 1kg tepung rokat dipakai dicetakan bisa jadi lebih dari 10 kali cetak/barang,semisal harga jual 1500rupiah maka 10x1500=15.000,sedangkan tepung rokat ini biasa saya beli eceran 2000sampe2500 per kg

(beda toko),jadi lumayan bukan?
nah   dimana belinya tepung rokat ini?
tepung rokat lebih dikenal dengan sebutan tepung gift,dan bisa dibeli ditoko bahan bangunan,biasanya dipakai untuk membuat ornamen2 hiasan pada asbes langit2 rumah

 silikon

silikon yang dimaksud disini bukanlah silikon yang bikin body seseorang tambah up to date alias seksi hhhhha,,,,tapi ini murni silikon untuk perabot cetak mencetak.
gambar yang paling atas model suntik sebenarnya sebagai piranti lem,tapi disini bisa juga digunakan.
baiknya pakai yang silicone rubber seperti gambar dibawahnya,dijamin tingkat keberhasilannya.karna saya pakai yang itu.
untuk silikon model pertama dalam pengerjaanya harus sangat hati2 sewaktu melapisi objeck yang akan dicetak,,,,,intinya,,objeck tersebut harus benar2 terbalut silikon.
harap diperhatikan;,untuk silikon model suntikan ini,caranya ambil boneka,oleskan dengan sabun hijau(beli di apotik harga sekitar 2000an),dan sabun hijau ini dicairkan pakai air panas sampai cair menyerupai syrup dalam cawan kecil,oleskan secara merata kebadan boneka secara merata &tunggu kering,ulangi 4 atau 5kali,
baru setelah itu balut dengan silikon.
untuk menunjang
 keberhasilan pembuatan cetakan/matrass,jangan di buka sampai benar-benar kering,,bisa sampai 3 hari.

untuk silikon jenis ke 2 ini,saya menggunakan SILICONE RUBBER RTV 683 dijual dalam kemasan kaleng plastik dalam satuan 1kg(sudah jadi satu paket sama hardener nya.."fungsinya agar silikon cepat menggumpal kering)baca aturan pakai dan setelah terbiasa bisa menambahkan  beberapa tetes hardener agar lebih cepat lagi keringnya.
dan keunggulanya,silikon ini hanya dituangkan saja sudah bisa melapisi body boneka dengan sangat detail,serta pada proses selanjutnya lebih mudahyaitu pada waktu pengeringan maupun pelepasan boneka dengan cetakan membutuhkan waktu yang singkat bisa 1 sampe 4 jam tergantung tebal/tipis adonan yang dituangkan serta banyak tidaknya hardener.







boneka boneka tersebut ditata sedemikian rupa lalu dituangkan cairan silikon dari atasnya hingga boneka tersebut tidak nampak.,tunggu hingga kering.setelah itu pisahkan.

dibawah ini adalah cetakan yang sudah jadi







setelah proses pemisahan boneka dan cetakan,segera bersihkan cetakan dari kotoran,bilas pakai air dan oleskan sisi dalam cetakan/matrass dengan menggunakan sabun hijau tadi (yang telah dicairkan) supaya ketika adonan gift yang akan diproduksi nanti tidak menempel serta hasilnya bagus.

cara mengolah tepung rokat/gift menjadi adonan hanya dengan menambahkan air saja,aduk aduk sebentar sekitar tidak sampai 1menit tp diusahakan tidak ada yang menggumpal(rata),untuk itu diperlukan wadah berupa ember kecil.
lekas tuangkan sedikit pada matrass cetakan,taruh diatasnya benang woll yang sudah digunting 5cm,tuang/tutupi sedikit lagi supaya benang tertutup sebagian,fungsinya benang untuk tempat menggantungkan pada  paku.
kurang lebih 15 menit sudah jadi,gift nya sudah mengeras.




hasil akhir akan lebih maksimal jika dalam proses pewarnaan menggunakan cat sejenis cat mobil karena warnanya mengkilap cerah.



oke sampai disini dulu & bye bye

Image

Beauty

Copyright © 2016 Free Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates . All rights reserved.